Selasa, 12 April 2011

Tip Gampang Sehat

Enam Langkah Membunuh Cemas

Rasa cemas seringkali datang tanpa terduga. Bukan hanya membuat perasaan tak tenang, kekhawatiran berlebihan yang tak kunjung reda bisa mengganggu kesehatan. Mulai dari mulut kering hingga peningkatan denyut jantung yang bisa memicu efek mual dan serangan panik.
Menghindar dari kecemasan bukan perkara mudah. Tapi, rasa tak nyaman itu bisa diredam dengan sejumlah cara, seperti dikutip dari laman Shine berikut.
1. Spa
Relaksasi ini bisa mengalihkan pikiran dari rasa khawatir. Tak harus dilakukan di salon dengan biaya mahal, spa bisa dinikmati di rumah. Banyak panduan spa melalui CD atau DVD yang bisa diikuti di rumah.
“Hanya butuh beberapa menit mendengarkan petunjuk narator, suara yang menenangkan, yang mendorong saya untuk mengelilingi diri dengan kekuatan, sebelum aku benar-benar tidak merasa tenang dan tidak terlalu khawatir,” demikian tulis ahli pengobatan alternatif Sara Altshul.
2. Makan mangga
Menurut peneliti dari Jepang, tindakan sederhana mengupas, mengiris, dan makan mangga, bisa membantu mendinginkan kekacauan otak. Mangga mengandung senyawa yang disebut linalool. Penelitian yang dipublikasikan dalam edisi terbaru Jurnal Pertanian dan Pangan Kimia mengungkap, menghirup bau makanan kaya linalool, termasuk basil dan lemon, membantu mengatasi stres dan rasa cemas.
Cobalah membuat jus mangga dengan tambahan 2 sdm madu, 1/2 cangkir perasan jeruk, dan 1/2 cangkir plain yogurt dengan beberapa kubus es batu untuk meredakan cemas dan stres.
3. Menulis catatan pribadi
Carol Kryder, PhD, seorang psikolog klinis dan ahli kesehatan mental untuk JustAnswer.com mengatakan, menulis bisa menjadi kunci untuk mengusir emosi negatif.
Catatan harian bisa menjadi media untuk mengendalikan pikiran. Jangan hanya menuliskan kecemasan, tapi coba berkhayal untuk menuliskan langkah antisipasi mengenai hal buruk yang mungkin terjadi.
4. Rangsangan karet gelang
Vandana Bhide, MD, seorang internis dalam praktik kejiwaan di Florida menawarkan terapi ringan untuk mengatasi rasa cemas berlebih. “Pasang karet gelang di pergelangan tangan dan hentakkan kareta secara perlahan ke permukaan kulit setiap kali rasa itu muncul,” katanya. “Ini akan mengingatkan diri untuk mengarahkan pikiran.”
5. Kunyah cokelat
Mengonsumsi cokleat bisa membantu meredakan rasa khawatir. Penelitian yang diterbitkan tahun lalu dalam Journal of Proteome Research, mengungkao, mereka yang makan satu ons cokelat hitam setiap hari selama dua minggu mengalami penurunan hormon stres dalam tubuh.
Menjaga hormon stres tetap seimbang dapat membuat Anda lebih siap untuk menghadapi kekhawatiran dan membantu Anda menangani masalah kehidupan yang tidak stabil. Jika Anda benar-benar ingin meredakan rasa khawatir disarankan memilih dark chocolate yang kaya antioksidan.
6. Yoga
Banyak studi yang menghubungkan antara kebugaran dan kondisi kejiwaan. Pelatih Kebugaran asal Florida, Equinox Kalicinski Sylvia, mengatakan yoga adalah latihan terbaik yang membantu mengontrol rasa cemas.
“Yoga mengajarkan Anda cara bernapas saat mengahadapi kesulitan, mengarahkan pikiran dan energi sementara menjadi lebih sadar akan reaksi Anda,” katanya. “Yoga adalah alat yang membantu Anda mengatur ulang sistem saraf dan salah satu alat paling kuat untuk melepaskan stres.”

Tidur Sehat Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Menurunkan berat badan saat tidur ngkin terdengar seperti mimpi yang menjadi kenyataan, karena berat badan turun tanpa perlu berjuang keras. Tapi penelitian membuktikan bahwa tidur sehat bisa mempengaruhi nafsu makan yang akhirnya berdampak pada berat badan.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine dan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa lamanya tidur dapat mempengaruhi nafsu makan, yang akibatnya bisa juga bisa berpengaruh pada indeks massa tubuh (BMI).

Ketika orang mendapatkan tidur malam yang baik, setidaknya 8 jam, tubuh akan memproduksi hormon leptin yang mengatur nafsu makan. Dengan hormon leptin yang cukup, orang akan merasa kenyang dan puas setelah makan sehingga tidak perlu makan banyak untuk membuat perut merasa kenyang, seperti dilansir Livestrong, Selasa (12/4/2011).

Istirahat yang memadai juga mengatur hormon ghrelin, yaitu hormon yang meningkatkan nafsu makan. Kurang tidur membalikkan efek positif, dengan membuat produksi leptin berkurang dan ghrelin lebih banyak, sehingga orang merasa kurang puas setelah makan dan akibatnya makan lebih banyak dan lebih sering, yang berimbas dengan kenaikan berat badan.

Kurang tidur bisa membuat orang ingin makan terus dengan porsi yang lebih banyak. Ini disebabkan oleh jam internal tubuh yang tidak normal, sehingga banyak orang yang kurang tidur mengalami kenaikan berat badan secara tiba-tiba.

Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat orang tak berenergi, sehingga mempunyai keinginan yang besar untuk makan makanan yang manis dan mengandung zat tepung, atau yang lebih buruk lagi dengan minum minuman sirup jagung fruktosa tinggi.

Makanan-makanan tersebut dapat memberikan energi secara instan tetapi menyebabkan kadar glukosa darah naik dan turun secara drastis, yang akhirnya membuat Anda lebih cepat lapar dan banyak makan.

National Sleep Foundation melaporkan bahwa tidur kurang dari 7 jam setiap malam dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, diabetes dan masalah kesehatan tambahan dalam banyak studi klinis.

Namun, tidur lebih dari 9 jam tidur per malam juga tidak baik karena bisa meningkatkan risiko stroke.

Oleh karena itu, tidurlah sehat dengan waktu yang cukup, yaitu 7-9 jam untuk orang dewasa. Tak hanya mengistirahatkan otot, tidur juga memberi kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas.




Jalan Cepat Bakar Banyak Kalori




img 

Jakarta, Sebagian besar masyarakat mengaku tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Tapi ternyara berjalan cepat bisa membantu membakar kalori.

Salah satu cara yang bisa dilakukan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik adalah dengan berjalan kaki. Jika menggunakan angkutan umum turunlah sedikit lebih jauh dari tempat tujuan sehingga mengharuskan orang untuk berjalan, atau turun dekat tempat tujuan tapi berjalan cepat.

"Masyarakat tinggal pilih mau turun jauh lalu berjalan banyak atau turun lebih dekat tapi melakukan jalan cepat," ujar Dicky Ramadhani selaku Head of Coach Celebrity Fitness, Jakarta, Rabu (13/4/2011).

Dicky mengungkapkan jalan cepat bisa membakar kalori lebih banyak, hal ini karena saat seseorang melakukan jalan cepat ia akan meningkatkan intensitas atau beban terhadap tubuhnya.

"Selain itu olahraga tidak harus datang ke fitness center, tapi bisa dilakukan dengan banyak berjalan kaki, melakukan olahraga kecil di kantor selama 10-15 menit atau perbanyak aktivitas fisik seperti naik tangga dan jangan tergantung dengan remote," ungkap Dicky.

Dicky memberikan saran jika seseorang ingin melakukan olahraga sebaiknya memperhatikan 4 hal yang dikenal dengan FITT yaitu:
  1. Frekuensi, sebaiknya seseorang memiliki frekuensi olahraga yang tetap yaitu sebanyak 2-4 kali dalam seminggu dan jangan melebihi, karena jika berlebihan bisa menyebabkan overtraining.
  2. Intensitas, perhatikan intensitas atau beban dalam berolahraga. Beban yang diterima sebaiknya harus tetap sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
  3. Time atau durasi berolahraga, sebaiknya seseorang berolahraga maksimal 60 menit karena dalam waktu tersebut tubuh bisa memberikan rangsangan tertentu dan jika lebih dari itu bisa membahayakan tubuh.
  4. Type atau jenis olahraga yang dipilih, pilihlah cara atau tipe olahraga yang sesuai serta bisa memberikan tekanan pada otot tubuh.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dipengaruhi oleh pola makan termasuk jenis makanan dan cara mengolahnya, pola aktivitas fisik serta pengaruh dari lingkungan luar ruang (outdoor) seperti cuaca, polusi dan radiasi.

"Kontrol makanan dan perbanyak gerak, untuk pengaruh outdoor bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan antioksidan," ujarnya.




Ini Rahasia Agar Metabolisme Tubuh Lancar

detikHealth



img 
Jakarta, Kunci untuk langsing dan menurunkan berat badan adalah mempercepat sistem metabolisme. Selain olahraga, beberapa nutrisi tepat dapat membantu mempercepat metabolisme Anda.

Hal utama yang menyebabkan cepat atau lambatnya kenaikan berat badan adalah sistem metabolisme dan proses pembakaran kalori. Semakin tinggi metabolisme, maka makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar, sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan lemak di tubuh.

Metabolisme adalah proses tubuh yang mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi. Selama proses biokimia yang kompleks, kalori dalam makanan dan minuman yang dikombinasikan dengan oksigen akan melepaskan energi yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh.

Berikut beberapa nutrisi yang bisa membantu mempercepat sistem metabolisme tubuh, seperti dilansir Lifemojo, Rabu (13/4/2011):

1. Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang kuat yaitu flavonoid, yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung, stroke dan kanker. Sebuah studi yang dilakukan di University of Geneva menemukan bahwa teh hijau mengandung catechin polyphenol, yaitu bahan kimia tanaman yang dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 4 persen.

2. Almond
Almond mengandung asam lemak esensial dan serat, yang tidak hanya meningkatkan metabolisme tetapi juga memuaskan selera dan mengekang keinginan untuk makan berlebih, sehingga membantu penurunan berat badan.

3. Telur
Semua protein makanan membantu dalam meningkatkan tingkat metabolisme. Telur adalah salah satu makanan protein terbaik yang membantu meningkatkan metabolisme. Namun perlu dicatat bahwa kuning telur tinggi lemak sehingga perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi putih telur saja. Albumin dalam putih telur membantu untuk membangun massa tubuh tanpa lemak juga membantu membakar lemak.

4. Lemon
Lemon yang tinggi vitamin C , bertindak seperti antioksidan dalam tubuh. Lemon diyakini menjadi pembersih kuat untuk hati. Hati bertanggung jawab untuk memproses lemak dan mendukung sistem pencernaan. Ini berjalan jauh untuk meningkatkan aktivitas metabolik.

5. Bayam
Bayam sangat terkenal dengan zat besi, kalium dan magnesium. Bayam juga dianggap memiliki sifat antioksidan yang baik, yang tidak hanya membantu dalam menyingkirkan radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh, tetapi juga membantu dalam memperbaiki jaringan otot yang rusak. Bayam yang kaya serat juga dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan membantu dalam proses penurunan berat badan.

6. Kafein
"Segelas minuman berkafein seperti teh dan kopi dapat meningkatkan laju metabolisme basal sekitar 5 sampai 10 persen selama dua jam," kata Dr Nicola Lowe, dosen nutrisi senior di University of Central Lancashire, seperti dilansir Dailymail.

Menurutnya, kafein sebagai stimulan dapat meningkatkan aktivitas saraf dan membuat gerakan tubuh lebih. Kafein juga mengubah penggunaan bahan bakar, sehingga tubuh lebih banyak membakar lemak untuk energi daripada glukosa.

7. Air dingin
Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh sekelompok peneliti Jerman menyatakan bahwa jika Anda mengonsumsi air dingin, tingkat metabolisme meningkat sampai 24 persen setelah jangka waktu 90 menit.

8. Yogurt
Yogurt disusun sesuai dengan budaya probiotik, yang sehat bagi bakteri dalam usus. Hal ini tidak hanya membantu dalam pencernaan yang lebih baik, tetapi juga mempercepat metabolisme tubuh. Selain itu, yoghurt disusun dengan menggunakan susu skim rendah lemak dan protein yang berkualitas baik. Dengan demikian, yogurt benar-benar bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

9. Gandum utuh
Gandum utuh adalah sumber yang sempurna untuk karbohidrat kompleks dan serat, yang membantu meningkatkan tingkat metabolisme. Hal ini, pada gilirannya, menghasilkan penurunan berat badan.



Tekanan Darah Berada di Titik Terendah pada Pagi Hari




img
foto: Thinkstock
Boston, Manusia punya siklus naik turunnya tekanan darah sepanjang hari, meski stres dan aktivitas fisik juga turut mempengaruhinya. Rata-rata, tekanan darah mencapai titik tertinggi jam 9 malam dan berada di titik terendah pada pagi hari.

Fakta ini terungkap dalam penelitian di Harvard Medical School, yang dimuat dalam jurnal Circulation pekan ini. Penelitian tersebut melibatkan 28 orang dewasa yang tidak memiliki masalah dengan tekanan darah, baik hipertensi maupun hipotensi.

Para partisipan dilibatkan dalam 3 jenis eksperimen untuk melihat pengaruh jam biologisnya dengan fluktuasi tekanan darah sepanjang hari. Ketiga eksperimen dilakukan dengan mengubah siklus tidur-bangun atau disebut juga dengancircadian rythm.

Dari seluruh eksperimen yang dilakukan, terungkap bahwa rata-rata tekanan darah paling rendah teramati pada malam hari yakni sekitar pukul 9 malam. Sebaliknya titik terendah rata-rata terukur pada pagi hari, selama beberapa jam setelah bangun tidur.

Temuan ini cukup mengejutkan karena berbagai penelitian sebelumnya mengatakan bahwa stroke dan serangan jantung sering terjadi pada pagi hari, sehingga ada istilah morning heart attack. Peneliti menduga, pemicu morning heart attack bukan tekanan darah melainkan faktor lain.

Selain dipicu oleh tekanan darah yang meningkat, stroke dan serangan jantung juga bisa dipicu oleh penyumbatan pembuluh darah. Kerusakan atau pecahnya pembuluh darah juga bisa memicu serangan jantung atau stroke jika terjadi di sekitar otak.

"Penelitian ini dilakukan dengan 3 desain eksperimen terpisah, 3 kelompok yang berbeda dan hasilnya sama. Artinya hubungan antara tekanan darah dengan morning heart attack perlu ditinjau ulang," ungkap Prof Steven A Shea yang memimpin penelitian tersebut seperti dikutip dari Healthday, Selasa (12/4/2011).


sumber copy right :  detikHealth 13 apr 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar