Senin, 11 April 2011

Impormasi Obat Penyakit

Biar Bangun Tidur Selalu Fress

img

Jakarta, Segar dan berenergi sangat bangun tidur di pagi hari sangat penting untuk dapat menjalankan kegiatan rutin seharian. Tapi kebanyakan orang tidak merasakan hal tersebut. Cobalah trik berikut ini yang membuat bangun tidur Anda jadi segar.

Tidak sedikit orang yang bangun di pagi hari terburu-buru, panik dan masih mengantuk. Hal ini disebabkan karena orang-orang tersebut tidak mendapatkan tidur nyenyak di malam hari.

Salah satunya adalah tidak langsung tidur usai makan malam. Langsung tidur setelah makan malam bisa jadi salah satu penyebab tidur kurang nyenyak.

Bila ingin bangun segar di pagi hari, sebaiknya jangan langsung tidur usai makan malam, seperti dilansir Lifemojo, Selasa (12/4/2011).

Sebaiknya beri jeda waktu beberapa jam setelah makan malam sebelum beranjak ke tempat tidur. Selain itu, hindari mengonsumsi kafein, gula, coklat dan alkohol terlalu banyak sebelum tidur.

Makan sebelum tidur dan mengonsumsi minuman-minuman tersebut dapat membuat sistem pencernaan bekerja ekstra di waktu tidur sehingga menyebabkan orang tidur lebih ringan atau tidak nyenyak hingga tidak memberikan kesegaran dan tenaga penuh saat bangun di pagi hari.

Selain tidak langsung tidur usai makan malam, ada beberapa faktor yang membuat Anda bangun tidur segar di pagi hari, yaitu:

1. Bangun dengan tersenyum
Tersenyumlah segera setelah bangun tidur. Hal ini akan membantu Anda merasa segar saat beranjak dari tempat tidur dan juga memberi tenaga tambahan.

2. Biarkan sinar matahari masuk kamar
Membuka tirai dan membiarkan sinar matahari masuk adalah cara yang bagus untuk membuat Anda merasa lebih terjaga. Pikiran akan merespons terhadap cahaya dan membawa Anda keluar dari tidur.

3. Minum air putih setelah bangun tidur
Tubuh kehilangan cairan semalaman yang dapat membuat Anda merasa sedikit lelah ketika bangun. Minum segelas air pada waktu perut kosong akan memulai metabolisme, dengan demikian Anda akan bangun lebih cepat dan merasa lebih waspada.

4. Peregangan dan olahraga
Peregangan saat bangun tidur dapat memberi udara segar dan membantu Anda segar di pagi hari. Juga, melakukan aktivitas fisik dapat melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik. Semakin banyak berolahraga makin banyak energi yang akan digunakan untuk membuat Anda menjadi bugar dan sehat.

5. Bangun di waktu yang sama setiap hari
Usahakan beranjak dari tempat tidur pada waktu yang sama setiap hari, meski pada akhir pekan. Jika Anda mengubah waktu bangun pagi sehari-hari, hal tersebut akan mengganggu jam tubuh dan membuat Anda sangat sulit untuk beranjak dari tempat tidur.

6. Makan sarapan energi tinggi
Melewatkan makan pertama di pagi hari dapat mempengaruhi tingkat energi. Anda perlu makan sarapan untuk mendapatkan metabolisme dan membuat energi untuk tubuh. Makanlah sarapan sehat dengan karbohidrat kompleks untuk mendapatkan energi sepanjang hari.



Penyakit Gagal Ginjal

img
Diskripsi
Gagal Ginjal terjadi karena organ ginjal mengalami penurunan hingga menyebabkan tidak mampu bekerja dalam menyaring elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh (sodium dan kalium) dalam darah atau produksi urine.

Gagal ginjal disebabkan oleh hipertensi, diabetes mellitus, penyumbatan saluran kemih, kelainan autoimun, kanker, kelainan ginjal, rusaknya sel penyaring pada ginjal.

Gejala
Pengidap penyakit ini ditandai dengan: lemas, tidak ada tenaga, nafsu makan, mual, muntah, bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas, pucat/anemi. Kelainan urin: Protein, Eritrosit, Lekosit. Kelainan hasil pemeriksaan Lab. lain: Creatinine darah naik, Hb turun, Urin: protein selalu positif.

Pengobatan
Penanganan serta pengobatan gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebagai contoh, Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.

gagal ginjal yang terjadi secara bertahap bisa diperlambat atau dihentikan sama sekali. Syaratnya sederhana, dilakukan pemeriksaan secara dini, teknologi masa kini sudah bisa membantu memperlambat proses gagal ginjal atau menghentikannya sama sekali

Rakhitis


img

Deskripsi
Rakhitis adalah pelunakan dan melemahnya tulang pada anak-anak, biasanya karena kekurangan vitamin D yang ekstrim dan berkepanjangan. Vitamin D sangat penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor dari saluran pencernaan, yang dibutuhkan anak untuk membangun tulang yang kuat. Kekurangan vitamin D membuat sulit untuk mempertahankan dengan tepat tingkat kalsium dan fosfor pada tulang.

Jika vitamin D atau kekurangan kalsium menyebabkan rakhitis, menambahkan vitamin D atau kalsium untuk diet yang dihasilkan umumnya memperbaiki masalah tulang bagi anak.

Vitamin D berfungsi sebagai hormon untuk mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam tulang. Jika seseorangkekurangan vitamin D, tubuh tidak akan menyerap kalsium dan fosfor dengan benar.

Ketika tubuh Anda merasakan ketidakseimbangan kalsium dan fosfor dalam aliran darah, bereaksi dengan mengambil kalsium dan fosfor dari tulang untuk meningkatkan kadar darah yang diperlukan tubuh. Hal ini lantas melemahkan struktur tulang, yang dapat menyebabkan cacat kerangka, seperti bowlegs atau salah kelengkungan tulang belakang.

Ada dua sumber vitamin D:

* Terkena sinar matahari
Kulit memproduksi vitamin D ketika itu terkena sinar matahari.

* Makanan
Usus menyerap vitamin D yang ditemukan secara alami dalam makanan yang dimakan, atau ditambahkan ke dalamnya selama pemrosesan, atau dari suplemen atau multivitamin yangd dikonsumsi.

Gejala
Kekurangan vitamin D dimulai perlahan-lahan sebelum tanda-tanda fisik dan gejala rakhitis muncul. Ketika tanda-tanda dan gejala rakhitis berkembang, tanda itu mencakup:
* Kerangka cacat
Ini termasuk kaki bengkok, lengkungan abnormal pada tulang belakang, panggul dan tulang dada.

* Tulang rapuh tulang
Anak-anak rakhitis lebih rentan terhadap patah tulang.

* Gangguan pertumbuhan
Pertumbuhan tertunda akibat rakhitis.

* Masalah gigi
Termasuk cacat pada struktur gigi, peningkatan kesempatan rongga, miskin dan menunda pembentukan enamel gigi.

* Nyeri tulang
Mencakup nyeri di tulang belakang, panggul dan kaki.

* Kelemahan otot
Penurunan otot dapat membuat gerakan tidak nyaman.

Perawatan
Tujuan pengobatan untuk rakhitis adalah untuk mengatasi gangguan yang mendasari. Jika kekurangan vitamin D, dokter mungkin akan meresepkan suplemen vitamin D atau memintauntuk meningkatkan asupan vitamin D-diperkaya makanan, termasuk sarapan bersereal, jus jeruk, ikan dan susu olahan.

Sumber: medlineplus dan mayoclinic.



IgA Nefropati

img

Deskripsi
IgA Nefropati adalah penyakit ginjal kronis yang berlangsung 10-20 tahun. Hal ini disebabkan oleh endapan protein imunoglobulin A (IgA) dalam glomeruli (penyaring) dalam ginjal. Glomeruli ini biasanya berfungsi sebagai penyaring limbah dan kelebihan air dari darah dan mengirimkannya ke kandung kemih sebagai urin. Namun, protein IgA mencegah proses penyaringan ini. Hal ini dapat mengakibatkan darah dan protein dalam urin dan bengkak di tangan dan kaki. Tidak diketahui apa yang menyebabkan endapan IgA tersebut.

Gejala
Gejala yang paling umum adalah darah dalam urin. Sampai timbul gejala penyakit ini perlu bertahun-tahun dan  menyebabkan komplikasi seperti bengkak, infeksi saluran pernapasan atas berulang, atau penyakit usus.

Perawatan
Pengobatan khusus untuk nefropati IgA akan ditentukan oleh dokter berdasarkan usia, kondisi kesehatan pasien, riwayat kesehatan, dampak penyakit. Perawatan termasuk:
diet, pengurangan kolesterol, obat, berhenti merokok, latihan dan pemeliharaan berat badan normal, serta kontrol tekanan darah.

Sumber: medlineplus dan healthsystem.

Vitiligo

img

Deskripsi
Vitiligo adalah kondisi kulit dimana ada wilayah kulit yang tak berpigment. Penyebab pasti dari vitiligo belum diketahui secara pasti. Vitiligo berhubungan dengan beberapa penyakit seperti anemia ganas, hyperthyroidisme, dan penyakit addison.

Gejala
Ada bercak-bercak putih yang kontras dengan kulit asli.

Perawatan
Vitiligo sulit disembuhkan. perawatan awal termasuk terapi cahaya, pengobatan dengan trimethylsoralen.








Penyakit Hashimoto


img

Deskripsi
Penyakit Hashimoto adalah suatu kelainan yang mempengaruhi tiroid, kelenjar kecil yang terletak di pangkal leher, di bawah jakun. Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin, yang menghasilkan hormon yang mengkoordinasikan kegiatan tubuh.

Dalam penyakit Hashimoto, juga dikenal sebagai tiroiditis limfositik kronis, sistem kekebalan tubuh menyerang kelenjar tiroid. Peradangan yang dihasilkan sering menyebabkan kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme).

Gejala
Penyakit Hashimoto tidak memiliki tanda-tanda dan gejala yang unik.Penyakit biasanya berkembang perlahan-lahan selama beberapa tahun dan menyebabkan kerusakan tiroid kronis yang mengakibatkan penurunan kadar hormon tiroid dalam darah. Tanda-tanda dan gejala terutama orang-orang dari kelenjar tiroid kurang aktif (hipotiroidisme).

Tanda-tanda dan gejala hipotiroidisme sangat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan kekurangan hormon. Pada awalnya, mungkin gejala jarang terlihat, seperti kelelahan dan kelesuan, atau tanda-tanda menua. Tetapi semakin lama penyakit berlangsung, gejala dan tanda makin jelas. Tanda dan gejala tersebut meliputi:
* Kelelahan dan kelesuan
* Meningkatkan sensitivitas terhadap dingin
* Sembelit
* Kulit pucat, kulit kering
* Wajah bengkak
* Suara parau
* Tingkat kolesterol darah tinggi
* Nyeri otot, kelembutan dan kekakuan, terutama di bahu dan pinggul
* Sakit dan kekakuan pada sendi dan bengkak pada lutut atau sendi kecil di tangan dan kaki
* Kelemahan otot
* Perdarahan menstruasi yang berkepanjangan (menoragia)
* Depresi

Pengobatan
Pengobatan untuk penyakit Hashimoto dapat mencakup pengamatan dan penggunaan obat-obatan.

Jika penyakit Hashimoto menyebabkan kekurangan hormon tiroid, penderita mungkin memerlukan terapi penggantian hormon tiroid. Hal ini biasanya melibatkan penggunaan sehari-hari dari hormon tiroid sintetis levothyroxine (levothroid, Levoxyl, Synthroid). Levothyroxine sintetis identik dengan tiroksin, versi alami hormon ini dibuat oleh kelenjar tiroid. Obat telan mengembalikan kadar hormon yang memadai dan membalikkan semua gejala hipotiroidisme.

Sumber: disarikan dari mayoclinic.


Bronkitis Akut


img
Deskripsi:
Bronkitis adalah infeksi di paru-paru yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Infeksi menyebabkan peradangan jaringan paru-paru. Secara umum, infeksi bakteri dan virus akan menyebabkan batuk kering atau batuk berdahak. Jika tidak diobati, Bronkitis bisa berubah menjadi pneumonia.

Gejala:
- batuk
- dahak
- demam
- dada nyeri

Perawatan:
Perawatan yang dilakukan adalah mengkonsumsi antibiotik seperti ceftin, augmentin, levaquin. Selain itu penderita disarankan untuk minum cairan sebanyak mungkin, dan berhenti merokok.

Sumber: dari berbagai sumber.

Bau Mulut


img
Deskripsi
Bau mulut dapat terjadi secara permanen atau sementara. Gangguan ini memberikan dampak atau citra yang negatif bagi penderitanya. Apalagi jika bau mulut tersebut kronis atau dalam bahasa kedokteran disebut sebagai halitosis. Bau mulut biasanya disebabkan oleh pembusukan partikel makanan dan bakteri dalam mulut. Penyebab bau mulut antara lain gangguan perut, penyakit, mulut kering, rokok atau kopi dan alkohol, makanan beraroma, tonsilitis, atau karena bakteri di dalam mulut.


Gejala dan Tanda
Jenis bau mulut tergantung pada sumber atau penyebab.

Pengobatan
Berikut tips untuk mengatasi bau mulut:
1. sikat gigi setelah makan
Pastikan menyikat gigi dua kali sehari. Menyikat gigi dapat membersihkan sisa makanan dan bakteri yang menyebabkan mulut berbau.

2. menyikat lidah
Membersihkan lidah secara rutin dengan bulu sikat yang lembut dapat membersihkan bakteri dan sisa makanan penyebab bau mulut.

3. membersihkan gigi palsu
Bau mulut juga bisa disebabkan karena gigi palsu yang dipakai kotor. Setidaknya membersihkan gigi palsu sehari dua kali dapat mengurangi masalah bau mulut

4. minum air putih sebanyak mungkin
untuk menjaga mulut tetap basah dan menghilangkan parrtikel makanan dan bakteri, minum air putih sangat dianjurkan.

5. pemerikasaan gigi secara teratur
Gigi yang keropos dan tidak sehat juga bisa jadi sumber bau mulut. Memeriksanya secara rutin dianjurkan untuk mengurangi potensi bau mulut.

6. menghilangkan kebiasaan merokok dan minum alkohol
Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol salah satu penyebab dari bau mulut. Meninggalkan kebiasaan itu selain menjaga bau mulut segar juga baik bagi kesehatan tubuh.

7. mengkonsumsi makanan berserat

Mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar serta menghindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang, petai, dan makanan yang manis dapat mencegah bau mulut. Makanan berserat juga berfungsi melancarkan saluran pencernaan. Gangguan pencernaan terkadang juga menjadi penyebab bau mulut tak sedap.

Sumber: dari berbagai sumber.

Bau Badan


img
Deskripsi
Bau badan adalah istilah yang digunakan untuk setiap bau yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan tubuh seseorang. Orang umumnya mengasosiasikan bau bandan dengan keringat, padahal keringat sebenarnya tidak mengelaurkan bau.

Keringat sebenarnya air dan garam yang dikeluarkan kelenjar keringat yang berfungsi mengontrol suhu tubuh. Yang menyebabkan bau justru bakteri yang ada di kulit seseorang. Bakteri tersebut ketika bercampur dengan keringatlah yang menghasilkan bau badan. Terkadang, bau bada dapat menjadi tanda kondisi medis yang lebih serius.

Penyebab bau badan antara lain obat, racun, sayuran tertentu, alkohol, keracunan arsenik, atau rokok. Bumbu masakan seperti bawang putih dan bawanghg merah mentah juga dapat memicu bau badan.

Gejala
Gejala umum bau badan adalah bau tak sedap yang dikeluarkan tubuh seseorang.

Perawatan
Seseorang yang rawan untuk mendapatkan bau badan yang tidak menyenangkan harus mencuci setiap hari dengan sabun. Individu mungkin juga mempertimbangkan untuk menggunakan deodoran dengan antiperspirant, untuk membantu mencegah berkeringat.

Sumber: Discovery health.

Barotitis


img
Deskripsi:

Barotitis adalah peradangan pada telinga yang disebabkan oleh perubahan tekanan atmosfer. Kondisi ini juga disebut aerotitis. Barotitis merupakan masalah peradangan atau pendarahan di telinga tengah disebabkan oleh perbedaan antara tekanan udara di telinga tengah dan atmosfir seperti saat di ketinggian, menyelam, atau hampa udara.

Gejala:

Sakit di telinga dan sakit gigi merupakan ciri khas penyakit ini.

Perawatan:

Seseorang dengan infeksi akut pernafasan atas atau reaksi alergi dianjurkan untuk tidak terbang atau menyelam. Namun, jika kegiatan tersebut terpaksa dilakukan, suatu vasokonstriktor hidung seperti phenylephrine 0,25 persen dioleskan 30 menit sebelum melakukan aktifitas penerbangan atau penyelaman dapat membantu mengatasi masalah ini.

Sumber: disarikan dari berbagai sumber.

Benign Prostatic Hyperplasia (BPH)


img
Deskripsi:

Prostat adalah organ seukuran kenari terletak di bawah kandung kemih (tempat penyimpanan urin). Prostat membantu untuk memelihara air mani. Masalah prostat sering terjadi pada pria berusia 50 tahun atau lebih.

Hiperplasia prostat jinak adalah nonmalignant (non-kanker) pembesaran kelenjar prostat, umum terjadi pada pria. Kondisi ini juga dikenal sebagai Benign Prostatic Hyperplasia (BPH).

Gejala:

Beberapa gejalanya adalah kesulitan ketika memulai kencing, urin melambat, dan sering buang air kecil.

Perawatan:

Jika tidak menimbulkan gejala yang parah biasanya penderita tidak memeriksakan penyakitnya. Pengobatan BPH biasanya disediakan untuk orang yang memiliki gejala yang signifikan.

Sumber: disarikan dari berbagai sumber.

Gigi Bernanah



img

Deskripsi
Gigi bernanah adalah kumpulan nanah yang disebabkan infeksi bakteri di akar gigi atau dalam jaringan gusi di sekitar gigi.

Gejala
Gejala utama adalah nahah terus menerus, sakit gigi berdenyut. Gejala berlanjut dengan demam dan pipi bengkak.

Perawatan
Gigi bernanah akan hilang tanpa pengobatan. Jika nanah pecah rasa sakit menurun secara signifikan. Untuk mengobati penyakit ini dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk menghilangkan infeksi. Selain itu, penderita disarankan berkumur dengan air garam hangat. Dalam kasus yang berat, penderita disarankan dicabut giginya.


Kelainan Matematika


img
Deskripsi
Kelainan Matematika adalah gangguan belajar di mana kemampuan matematika seseorang secara substansial di bawah tingkat yang diharapkan biasanya berdasarkan pada usia, tingkat kecerdasan, pengalaman hidup, latar belakang pendidikan, dan gangguan fisik. Kecacatan ini mempengaruhi kemampuan untuk melakukan perhitungan serta kemampuan untuk memahami masalah kata dan konsep-konsep matematika. Ada kemungkinan faktor genetik berpengaruh dalam kelaianan ini

Tanda
Anak dengan kelainan ini mempunyai masalah seperti kesulitan menulis angka, berhitung, menambah atau mengurang, bekerja dengan tanda-tanda matematika (+, -, x, dan /). Anak dengan kelainan ini biasanya mengalami rendah diri, masalah sosial, dan putus sekolah.

Perawatan
Pengobatan untuk gangguan matematika termasuk les individu, penempatan di kelas matematika khusus dengan guru ahli matematika, dan bantuan pendidikan lainnya yang berfokus pada keterampilan matematika.

Sumber: medlineplus dan mayoclinic.

Bila anda Alergi Telur


img

Deskripsi
Telur adalah salah satu penyebab paling umum alergi makanan, terutama pada anak-anak. Alergi telur biasanya terjadi beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan telur atau makanan yang mengandung telur.

Gejala
Tiap orang yang menderita alergi telur memiliki gejala berbeda-beda. Gejala tersebut muncul selang beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan telur atau makanan yang mengandung telur. Gejala alergi telur antara lain:
* Peradangan kulit atau gatal-gatal
* Alergi asma
* Peradangan hidung alergi (rhinitis)
* Gejala gastrointestinal, seperti kram, mual dan muntah

Perawatan
Satu-satunya cara untuk mencegah alergi telur adalah menghindari telur atau produk telur sama sekali. Hal ini bisa sulit, karena telur adalah bahan makanan umum.

Sumber: mayoclinic

Lupus

img

Deskripsi
Penyakit ini ditandai dengan bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan, rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Penyakit ini juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh. Tanda-tanda tersebut merupakan gejala Lupus Eritomatosus Sistemik (LES) alias Lupus.

Penyakit lupus berhubungan dengan sistem imunitas di mana jaringan dalam tubuh dianggap benda asing. Reaksi sistem imunitas bisa mengenai berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah.

Penyakit ini dapat mengenai semua lapisan masyarakat, 1-5 orang di antara 100.000 penduduk, bersifat genetik, dapat diturunkan. Wanita lebih sering 6-10 kali daripada pria, terutama pada usia 15-40 tahun.

Penyebab timbulnya penyakit ini karena faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres,

Fakta lain menunjukkan penyakit ini justru kebanyakaan diderita wanita usia produktif sampai usia 50 tahun sekalipun ada juga pria yang mengalaminya. Oleh karena itu dianggap diduga penyakit ini berhubungan dengan hormon estrogen.

Pada kehamilan dari perempuan yang menderita lupus, sering diduga berkaitan dengan kehamilan yang menyebabkan abortus, gangguan perkembangan janin atau pun bayi meninggal saat lahir. Tetapi hal yang berkebalikan juga mungkin atau bahkan memperburuk geja LUPUS. Sering dijumpai gejala Lupus muncul sewaktu hamil atau setelah melahirkan.

Tubuh memiliki kekebalan untuk menyerang penyakit dan menjaga tetap sehat. Namun, dalam penyakit ini kekebalan tubuh justru menyerang organ tubuh yang sehat. Hal ini  berkaitan dengan sistem imunologi yang berlebih. Dalam tubuh seseorang terdapat antibodi. Kelainan ini disebut autoimunitas. Antibodi yang berlebihan ini, bisa masuk ke seluruh jaringan dengan dua cara yaitu :

Pertama, antibodi aneh ini bisa langsung menyerang jaringan sel tubuh, seperti pada sel-sel darah merah yang menyebabkan selnya akan hancur. Inilah yang mengakibatkan penderitanya kekurangan sel darah merah atau anemia.

Kedua, antibodi bisa bergabung dengan antigen (zat perangsang pembentukan antibodi), membentuk ikatan yang disebut kompleks imun.Gabungan antibodi dan antigen mengalir bersama darah, sampai tersangkut di pembuluh darah kapiler akan menimbulkan peradangan. Dalam keadaan normal, kompleks ini akan dibatasi oleh sel-sel radang (fagosit) Tetapi, dalam keadaan abnormal, kompleks ini tidak dapat dibatasi dengan baik. Malah sel-sel radang tadi bertambah banyak sambil mengeluarkan enzim, yang menimbulkan peradangan di sekitar kompleks. Hasilnya, proses peradangan akan berkepanjangan dan akan merusak organ tubuh dan mengganggu fungsinya. Selanjutnya, hal ini akan terlihat sebagai gejala penyakit. Kalau hal ini terjadi, maka dalam jangka panjang fungsi organ tubuh akan terganggu.

Gejala
Gejala-gejala yang umum dijumpai adalah:
1. Kulit mudah gosong akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
2.Penderita merasa lemah, kelelahan berlebihan, demam dan pegal-pegal. Gejala hilang  pada masa remisi (nonaktif).
3. Pada kulit, muncul ruam merah membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu.
4. Anemia akibat sel-sel darah merah dihancurkan penyakit ini.
5. Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan.

Pengobatan
Kesembuhan total dari penyakit ini sulit didapat. Pengobatan difokuskan untuk mencegah meluasnya penyakit dan tidak menyerang organ vital tubuh.

Myasthenia gravis


img

Deskripsi
Myasthenia gravis ditandai dengan kelemahan dan kelelahan cepat dari setiap otot diluar kendali. Penyebab myasthenia gravis adalah kerusakan pada komunikasi normal antara saraf dan otot. Myasthenia gravis dapat mempengaruhi orang-orang dari segala umur, namun sering terjadi pada wanita berumur kurang dari 40 dan pada laki-laki lebih dari 60 tahun. Kelemahan otot myasthenia gravis disebabkan oleh semakin memburuk akibat otot yang terkena digunakan berulang-ulang.

Pada kondisi orang normal, kelelahan otot merupajan hal biasa yang dapat disembuhkan dengan istirahat. Namun pada penderita ini kelemahan otot tanpa kontrol.

Gejala
Myasthenia gravis dapat mempengaruhi semua otot atau kelompok otot tertentu yang lebih sering terkena.

Perawatan
Tidak ada obat untuk myasthenia gravis, tetapi pengobatan dapat membantu meringankan tanda-tanda dan gejala - seperti kelemahan otot lengan atau kaki, penglihatan ganda, kendur kelopak mata, dan kesulitan dengan pidato, mengunyah, menelan dan bernapas. Obat-obatan seperti pyridostigmine (Mestinon) meningkatkan komunikasi antara saraf dan otot. Obat ini tidak menyembuhkan masalah utama, tetapi mereka melakukan kontraksi otot dan meningkatkan kekuatan otot.

Sumber: mayoclinic dan medlineplus.


Faringitis-Viral

<p>Your browser does not support iframes.</p>


img
Ilustrasi: kliniken
Deskripsi
Faringitis-Viral adalah peradangan pharynx (bagian tenggorokan antara amandel dan pangkal tenggorokan) yang disebabkan oleh virus. Selain virus, bakter juga dapat menyebabkan perdadangan. Namun yang paling umum penyebab peradangan adalah virus. Ketika di tenggorokan tidak ditemukan bakteri penyebab gejala, kemungkinan besar faringitis disebabkan virus. Peradangan ini mengkibatkan sakit tenggorokan. Faringitis dapat terjadi sebagai bagian dari infeksi virus yang juga melibatkan sistem organ lain, seperti paru-paru atau usus.

Gejala
* Sakit tenggorokan
* Ketidaknyamanan menelan
* Demam
* Pembengkakan kelenjar getah bening di leher
* Nyeri sendi atau nyeri otot

Perawatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk faringitis virus. Perawatan yang dapat dilakukan sendiri antara lain berkumur dengan air garam hangat (satu setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat) beberapa kali sehari, dan memakai obat anti-inflammatory atau obat seperti asetaminofen, yang mengendalikan demam. Namun mengkonsumsi anti-inflamasi atau semprotan pelega tenggorokan secara berlebihan dapat bsakit tenggorokan parah.

Hal ini penting untuk menghindari penggunaan antibiotik saat sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, karena antibiotik tidak akan membantu, dan menggunakannya dengan cara memberikan kontribusi untuk bakteri menjadi resisten terhadap antibiotik. Dalam beberapa kasus sakit tenggorokan (misalnya, pada mononukleosis menular), kelenjar getah bening di leher dapat menjadi membengkak, dan anti-inflammatory seperti prednisone dianjurkan untuk mempermudah pernapasan dan menelan.

Sumber: medlineplus dan healthguide

Ramuan Pencegah Rambut Putih untuk Orang Muda


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Rambut putih alias uban tak selalu berkaitan dengan usia, karena tak jarang pula orang yang masih muda ubanan. Jika sudah demikian, ada beberapa cara pengobatan rumah yang bisa memperlambat tumbuhnya uban.

Setiap rambut memiliki akar yang berisi struktur seperti tas kecil atau disebut dengan folikel rambut. Folikel rambut ini mengandung melanosit yang menghasilkan pigmen melanin, yang bertanggung jawab terhadap warna rambut.

Seiring berjalannya waktu, sel-sel pigmen di dalam folikel rambut akan berkurang yang membuat rambut tidak lagi memiliki melanin yang banyak. Kondisi inilah yang mengubah warna rambut menjadi abu-abu atau putih.

Jika sudah tua mengalami ubanan itu sangat wajar, tapi jika masih muda sudah ubanan maka ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Beberapa faktor bahkan dapat menyebabkan uban tumbuh secara prematur meski di usia yang masih muda, antara lain seperti dilansir Lifemojo, Senin (11/4/2011):

  1. Genetik
  2. Stres berlebihan, kecemasan dan ketegangan berkepanjangan
  3. Penyakit seperti thypus
  4. Terlalu banyak minum teh, kopi atau alkohol
  5. Makan makanan yang digoreng atau berminyak
  6. Makan rempah-rempah, makanan asam secara berlebihan
  7. Kekurangan gizi khususnya zat tembaga yang dapat mengurangi produksi melatonin.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Ada beberapa pengobatan rumah sederhana untuk mengobati kondisi ini, seperti dilansir Lifemojo berikut ini:

1. Minum jus wortel
Minum jus wortel setiap hari dapat menjaga rambut tetap hitam dan membantu mengatasi masalah rambut beruban.

2. Jahe parut di dicampur madu
Parut jahe segar dan campurkan dengan madu yang kemudian tempatkan di dalam toples. Minum 1 sendok teh setiap hari.

3. Pijat rambut
Pijat rambut dengan minyak kelapa akan menjaga rambut panjang, hitam dan kuat. Anda juga dapat menggunakan jus lemon yang dicampur bubuk gooseberry kering untuk digunakan pada kulit kepala selama beberapa hari. Hal ini akan membantu menghitamkan rambut uban prematur secara bertahap. Pijat rambut dengan engan minyak kelapa dan air jeruk nipis setiap hari juga bisa membantu.

4. Minum susu mentega (butter milk)
Minum susu mentega dengan campuran 2 sendok teh ragi dan gandum akan mencegah dan mengobati rambut beruban prematur.

5. Menggunakan pasta bawang merah
Menerapkan pasta bawang merah ke kulit kepala selama beberapa hari sebelum mandi membantu mengubah rambut abu-abu secara bertahap menjadi hitam.

6. Makan makanan kaya protein, besi, mineral yodium, dan vitamin A dan B
Vitamin A misalnya pada sayuran hijau  dan buah-buahan kuning seperti brokoli, bayam, wortel, labu. Vitamin B pada pisang, tomat, kembang kol, sereal, hati, ginjal, yoghurt, ragi dan gandum. Protein pada biji-bijian sereal, daging dan kedelai. Mineral seperti seng, besi dan zat tembaga pada daging merah, almond dan ikan.

Cara jitu atasi kulit kendur pasca melahirkan


img
Setelah melahirkan banyak wanita yang mengeluhkan kulit kendur, terutama di area sekitar perut.  Namun dengan perawatan yang  tepat  kulit yang kendur bisa menjadi lebih kencang.

Pasca melahirkan kita kerap disibukkan dengan berbagai hal baru sebagai ibu. Kini si Kecil pun menjadi prioritas baru kita. Bagaimana tidak, setelah sembilan bulan mengandungnya kini kita dapat menatap langsung matanya dan menggenggam jemari mungilnya, rasanya semua pengalaman saat kehamilan dan persalinan lunas terbayarkan.

Namun dibalik semua kebahagiaan sebagai ibu, banyak wanita kerap mengeluhkan bentuk tubuh yang tidak seindah dulu dan kulit yang kendur. Bentuk tubuh sangat berkaitan erat dengan kandungan lemak, distribusi lemak di kulit, maupun distribusi lemak dalam cairan tubuh. Sementara kulit perut yang kendur berkaitan erat dengan otot perut yang belum pulih pasca persalinan, kandungan lemak pada kulit, dan elastisitas kulit itu sendiri.

Sebenarnya dengan perawatan tepat hal ini dapat diatasi, sehingga kita dapat menjalani peran sebagai ibu dengan nyaman dan tetap tampil prima. Kita dapat menggunakan jamu tradisional, atau jika ingin praktis dapat menggunakan krim pengencang kulit khusus pasca persalinan, atau mengkombinasikan keduanya. Sebaiknya pilih krim dengan kandungan bahan alami yang mengencangkan kulit dengan aman dan mengandung cukup moisturizer guna memperbaiki tekstur kulit.

Tips mengencangkan kulit dan  mengembalikan bentuk tubuh secara nyaman:


  • Bila melahirkan secara normal gunakan stagen dan gurita hanya selama dua minggu setelah persalinan. Selebihnya cukup gunakan korset celana yang menutupi seluruh perut. Hal ini dimaksudkan untuk melatih otot perut sehingga proses pengencangan kembali dapat lebih cepat
  • Lakukan olahraga ringan yang menyenangkan, seperti yoga dan senam ringan, jalan pagi bersama si Kecil sambil mendorong trolinya pun dapat dijadikan alternatif
  • Banyak minum air putih. Selain mencegah dehidrasi air juga bermanfaat untuk mempertahankan kelambaban kulit.
  • Perbaiki kualitas makan. Makanlah dengan pola teratur, agar porsi makan dan nafsu makan dapat terkontrol. Ganti kebiasaan mengemil gorengan dan makanan kecil yang kurang sehat dengan buah, yogurt, dan buah kering yang lebih sehat
  • Untuk membantu proses penghancuran lemak pada lapisan epidermis kulit, dan mengembalikan kekencangan kulit pasca persalinan gunakan Cussons First Years New Mum Intensive Body Firming Cream :
    • Conjugated Linoleic Acid (CLA), berfungsi  mengencangkan kulit dan mencegah terakumulasinya lemak baru
    • Caffeine, Paulina Cupana Seed Extract dan Carnitine yang mengencangkan kulit dan menstimulasi pembakaran lemak berlebih di lapisan kulit  
    • Cocoa Butter dan Olive Oil, yang merupakan moisturizer alami yang menghaluskan kulit, mengembalikan kekenyalan dan memperbaiki tekstrur kulit
    • Dengan formulasi yang telah lulus uji klinis oleh Dermatolog dan parfum lembutnya yang memberikan sensasi relaksasi
Jangan lupa, waktu terbaik untuk mengoleskan krim adalah segera setelah mandi, karena pada saat ini kulit dalam kondisi bersih dan lembab



 Info Ibu Dan Sikecil

Tuberkulosis Pada Bayi


img

Deskripsi
Tidak hanya menyerang orang dewasa, tuberkolosis juga bisa menyerang bayi. Penyebabnya bakteri Mycobacterium tuberculosis ini yang diidap ibunya selama kehamilan ternyata menular kepada bayinya. Seperti tuberkolosis pada orang dewasa, mycobacterium tuberculosis juga menyerang berbagai organ, terutama paru-paru bayi.

Gejala
Jika pada bayi ditemukan gejala seperti; demam, tampak mengantuk, tidak kuat menghisap, gangguan pernafasan, tidak terjadi penambahan berat badan, pembesaran hati dan limpa, kemungkinan bayi tersebut mengidap tuberkolosisi.

Pengobatan
Untuk menghindari serangan TBC pada bayi disarankan kepada ibu-ibu yang sedang hamil untuk selalu rutin memeriksakan kandungannya. Sangat disarankan kepada ibu yang positif tuberkoslosis untuk mengikuti tes tuberkulin. Namun jika bayi sudah lahir maka para dokter menganjurkan utuk diberikan Kepada bayi yang menderita tuberkulosis diberikan isoniazid, rifampin dan pirazinamid. Jika infeksi sudah sampai ke otak, diberikan kortikosteroid.

Cara Alami Merangsang Persalinan




img

Jakarta, Jika kehamilan sudah mencapai usia 40 minggu dan belum ada tanda-tanda kontraksi maka ibu hamil akan diberikan induksi untuk merangsang persalinan. Tapi ternyata ada cara-cara alami yang bisa dilakukan untuk merangsang persalinan.

Persalinan umumnya tidak akan mulai terjadi ketika seseorang sedang tegang, khawatir atau berusaha keras untuk melahirkan. Karenanya beberapa ibu kadang harus menggunakan bantuan induksi untuk merangsang terjadinya kontraksi. Induksi ini tidak hanya sebatas obat-obatan, tapi juga bisa didapatkan secara alami atau natural.

Induksi alami sebaiknya dilakukan minimal setelah usia kehamilan mencapai 38 minggu. Beberapa hal bisa dilakukan untuk menginduksi persalinan secara alami, seperti dikutip dari Pregnancy.lovetoknow.com dan Babycenter, Sabtu (9/4/2011)yaitu:

Cobalah untuk rileks
Cobalah mandi dengan iar hangat, mendapatkan pijat dengan tujuan relaksasi yang membuat tubuh tenang. Jika rileks maka tubuh akan lebih siap untuk melakukan persalinan. Bisa juga dengan melakukan meditasi seperti menutup mata sambil menarik napas dalam-dlam melalui hidung dan keluarkan di mulut, serta membayangkan hal-hal yang menyenangkan, lembut dan damai mengenao persalinan.

Melakukan hubungan seks
Seks merupakan trik yang paling terkenal untuk memulai persalinan, karena cairan semen mengandung prostaglandin alami yaitu hormon yang terlibat dalam persalinan awal. Kegiatan sederhana lainnya juga bisa membantu seperti meminta pasangan untuk merangsang puting susu sehingga bisa mencapai orgasme. Kondisi ini bisa membantu membuka leher rahim sebesar 2 cm.

Berhubungan seks dan mencapai orgasme bisa mendorong pelepasan oksitosin. Tapi jangan lakukan secara terus menerus, jika sampai setengah jam atau lebih tidak ada perubahan sebaiknya dihentikan dan mungkin bisa mencobanya lagi di lain hari.

Cobalah untuk berjalan-jalan
Melakukan jalan-jalan dengan perlahan dan lembut bisa memulai terjadi kontraksi, menempatkan tekanan pada leher rahim yang dapat mendorongnya untuk membesar. Tapi pastikan tetap mengonsumsi cairan yang cukup, mempertahankan suhu tubuh dan mendengarkan sinyal dari tubuh. Jika tubuh sudah merasa lelah itu memberitahu untuk berhenti.

Berbicara dengan bayi yang dikandung
Studi terbaru menunjukkan berbicara dengan bayi yang dikandung dan memastikan bahwa ia akan merasa diterima dengan baik dan memberikan kesempatan membentuk ikatan dengan bayi yang secara alami bisa menginduksi persalinan.





Makanan yang Harus Dihindari Bayi Berdasarkan Usia

img

Jakarta, Beberapa orangtua kadang tidak sabar ingin cepat-cepat memberikan makanan untuk bayinya. Tapi ingat, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi berdasarkan usianya.

Saat bayi tumbuh dan bertambah usianya maka orangtua mulai ingin memperkenalkan beberapa variasi makanan untuknya. Tapi tidak semua makanan aman bagi anak, beberapa diantaranya memiliki bahaya tersedak dan yang lainnya tidak baik dikonsumsi karena bayi belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna.

Beberapa makanan sebaiknya dihindari oleh bayi berdasarkan usianya, seperti dikutip dari Babycenter, Jumat (8/4/2011) yaitu:

Usia 4-6 bulan
Orangtua sebaiknya tidak memberikan makanan jenis apapun pada bayi sekalipun makanan tersebut lembut atau berupa bubur, karena semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi sudah tercukupi melalui ASI sampai 6 bulan pertama.

Usia 6-12 bulan
Meskipun bayi sudah boleh menerima makanan selain susu, tapi beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari oleh bayi yaitu:

  1. Madu, ada kemungkinan madu mengandung Clostridium botulinum yang bisa menyebabkan botulisme. Pada orang dewasa saluran ususnya bisa mencegah pertumbuhan spora ini, tapi pada bayi spora ini bisa tumbuh dan menghasilkan racun yang mengancam jiwa.
  2. Selai kacang, selai kacang umumnya memiliki tekstur yang lengket sehingga membuat bayi sulit untuk menelan.
  3. Susu sapi, umumnya bayi tidak bisa mencerna protein dalam susu sapi untuk 1 tahun pertama. Selain itu ia juga tidak membutuhkan semua nutrisi yang terkandung di dalam susu, dan jumlah tertentu dari mineral bisa merusak ginjalnya.
  4. Makanan dengan potongan besar, sayuran seperti wortel, seledri atau tomat, daging atau keju sebaiknya dipotong dadu kecil, diparut atau direbus lalu dipotong untuk mencegah makanan tersebut terjebak di tenggorokan. Sedangkan untuk buah sebaiknya diberikan dalam bentuk jus.
  5. Makanan keras, jenis makanan seperti kacang-kacangan, popcorn, permen keras, kismis atau buah kering lainnya berpotensi tersedak.

Usia 12-24 bulan

  1. Susu rendah lemak, sebagian besar anak balita muda membutuhkan lemak dan kalori untuk pertumbuhan dan perkembangan, karena itu hindari susu yang rendah lemak untuk anak dibawah usia 2 tahun.
  2. Hindari pula makanan yang berpotensi menyebabkan tersedak.

Usia 24-36 bulan
Meskipun anak sudah lebih banyak mengonsumsi variasi makanan, tapi masih ada kemungkinan ia tersedak oleh makanan. Untuk itu tetap hindari makanan yang keras, berpotongan besar serta permen karet karena umumnya anak belum mengerti cara mengonsumsi yang benar. Selain itu hindari anak makan sambil berjalan, menonton tv atau melakukan hal lain yang bisa mengalihkan perhatiannya dari makanan.

Makanan yang dikonsumsi anak memiliki fungsi penting sebagai nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangannya, tapi orangtua juga harus mempertimbangan sistem pencernaan yang dimiliki oleh anak apakah sudah sempurna atau belum.


Menstruasi Bukan Tanda Awal Pubertas Anak Perempuan


img

Jakarta, Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa datangnya menstruasi pertama pada anak perempuan adalah tanpa awal anak memasuki masa pubertas. Tapi menstruasi bukanlah awal pubertas. Lantas apa?

"Paling sering dikatakan orang bahwa menstruasi adalah awal dari pubertas perempuan. Padahal menstruasi adalah akhir dari tanda pubertas," jelas dr Aditya Suryansyah Semendawai, Sp.A, dalam acara Talkshow Media dan Peluncuran Buku 'Panik Saat Puber? Say No!!!' di Magenta Cafe, Pacific Place, Jakarta, Rabu (6/4/2011).

dr Adit menjelaskan tanda awal pubertas pada anak perempuan adalah perubahan pada payudara.

"Payudara akan terlihat mulai membesar, seperti bukit kecil dengan puting susu (areola) melebar. Kemudian diikuti dengan pertumbuhan rambut pubis, bau badan, jerawat, percepatan tinggi dan berat badan," jelas dr Aditya yang merupakan spesialis anak di RSAB Harapan Kita.

Nah, menstruasi pertama pada anak perempuan secara normal akan terjadi kurang lebih dua tahun setelah awal pembesaran payudara.

"Jadi menstruasi pada anak perempuan itu bukan awal pubertas, tetapi akhir dari masa pubertas," jelas dr Aditya.

dr Adit juga menjelaskan bahwa awal pubertas pada anak perempuan secara umum terjadi pada rentang usia 8 hingga 13 tahun, sedangkan pada anak laki-laki terjadi pada usia 9 hingga 14 tahun.

"Jadi kalau anak payudaranya sudah tumbuh sejak umur 8 tahun, maka menstruasinya sekitar umur 10 tahun," tutur dr Aditya yang mendalami masalah hormon pertumbuhan.

Usia awal datangnya pubertas juga bervariasi pada masing-masing anak.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, antara lain seperti disebutkan dr Aditya adalah:
  1. Etnis
  2. Keadaan sosial
  3. Psikologis
  4. Nutrisi
  5. Aktivitas
  6. Penyakit kronis

Pubertas Pria Itu Tandanya di Testis Bukan Mimpi Basah


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Apa tanda awal anak laki-laki mulai pubertas? Kebanyakan orang akan menjawab mimpi basah. Anggapan itu ternyata salah, karena awal pubertas laki-laki ditandai oleh pembesaran testis atau buah zakar bukan dari mimpi basah.

Pubertas adalah masa transisi antara anak dan dewasa. Pubertas tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi terjadi secara bertahap. Tanda yang paling sering ditemui adalah perubahan fisik dan psikologis.

"Orang sering menganggap bahwa awal pubertas pada anak laki-laki adalah mimpi basah, padahal bukan itu. Pubertas pada laki-laki ditandai dengan terjadinya pembesaran testis," jelas dr Aditya Suryansyah Semendawai, Sp.A, dalam acara Talkshow Media dan Peluncuran Buku 'Panik Saat Puber? Say No!!!' di Magenta Cafe, Pacific Place, Jakarta, Rabu (6/4/2011).

Lebih lanjut dr Aditya menjelaskan bahwa awal pubertas pada laki-laki ditandai dengan pembesaran testis atau buah zakar sekitar lebih dari 3 ml. Perubahan ini kemudian akan diikuti dengan pertumbuhan penis, rambut pubis (kemaluan) dan perubahan suara.

"2 tahun setelah testis membesar barulah si anak laki-laki mengalami mimpi basah. Jadi mimpi basah itu bukan tanda awal pubertas," jelas dr Aditya yang merupakan spesialis anak di RSAB Harapan Kita.

dr Aditya juga menjelaskan bahwa pada pertengahan masa pubertas akan terjadi pertumbuhan tinggi badan yang cepat.

"Seringkali terlihat awal pubertas anak perempuan lebih cepat besar, tapi setelah beberapa tahun anak laki-laki menyusul tinggi badannya," tutur dr Aditya yang mendalami masalah hormon pertumbuhan.

Yang sering menjadi masalah, banyak orangtua yang kesulitan menentukan kapan anak laki-lakinya mulai remaja. Hal ini menurut dr Aditya karena jarang orang yang memeriksa besarnya testis anak.

"Dari studi yang saya lakukan di Ciputat, Pamulang, 2 dari 215 anak laki-laki tidak punya 'telur' dan ini tidak terlacak. Ya ini karena orangtuanya tidak tahu dan tidak diperiksakan. Padahal sedari lahir, testis ini harus diperiksa apakah tumbuh secara normal dan pembesaran testis akan jadi tanda awal pubertas," jelas dr Aditya.

Secara normal, lanjut dr Aditya, anak laki-laki mengalami pubertas pada usia 9 sampai 14 tahun. Sedangkan pada anak perempuan secara normal terjadi pada rentang usia 8 hingga 13 tahun.

Tapi usia awal datangnya pubertas juga bervariasi pada masing-masing anak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya , antara lain seperti disebutkan dr Aditya adalah:
  1. Etnis
  2. Keadaan sosial
  3. Psikologis
  4. Nutrisi
  5. Aktivitas
  6. Penyakit kronis


Inilah Akibat Anak Cepat Puber
 
img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sering nonton sinetron, banyak makan makanan junk food, faktor genetik atau beberapa penyakit bisa membuat anak mengalami pubertas dini. Ini membuat anak tumbuh dewasa sebelum usianya. Apa bahayanya bila anak pubertas dini?

Secara umum, tanda awal pubertas yang normal mulai muncul pada anak perempuan pada usia 8-13 tahun, sedangkan pada anak laki-laki pada usia 9-14 tahun.

Bila tanda seksual sekunder pada anak perempuan muncul sebelum usia 8 tahun dan anak laki-laki sebelum usia 9 tahun, hal itu disebut pubertas prekoks atau pubertas dini, seperti dikutip dari tulisan dr Aditya Suryansyah Semendawai, Sp.A, dalam buku yang berjudul 'Panik Saat Puber? Say No!!!' terbitan Dian Rakyat.

Pada anak perempuan, pubertas dini ditandai dengan timbulnya pembesaran payudara, pertumbuhan tinggi badan yang cepat dibanding anak seumurnya dan tumbuh rambut kemaluan lebih awal. Sementara itu, pada anak laki-laki diawali dengan pembesaran buah zakar (testis) kemudian diikuti pembesaran penis.

"Perubahan hormon dalam tubuh pasti akan mempengaruhi struktur tubuh. Jadi kalau anak pubertas dini, pasti akan ada dampaknya," jelas dr Aditya Suryansyah Semendawai, Sp.A, dalam acara Talkshow Media dan Peluncuran Buku 'Panik Saat Puber? Say No!!!' di Magenta Cafe, Pacific Place, Jakarta, Rabu (6/4/2011)

Seseorang menjadi penyandang pubertas prekoks tergantung dari berbagai faktor, seperti faktor genetik atau penyakit tertentu yang dapat merangsang produksi hormon gonad, seperti tumor ovarium atau tumor testis.

Menurut dr Aditya, pubertas dini pada anak perempuan sering disebabkan karena gangguan hormon di otak yaitu di hipotalamus dan hipofise, sedangkan pada anak laki-laki karena tumor.

"Anak yang sering nonton sinetron atau sering makan makanan yang mengandung hormon seperti junk food juga bisa mengalami pubertas dini," lanjur dr Aditya yang merupakan spesialis anak di RSAB Harapan Kita.

Dalam bukunya dr Aditya menjelaskan, kalau pubertas timbul lebih awal maka tidak hanya ditandai dengan pertumbuhan tubuh yang besar dan menjadi lebih cepat tinggi, tapi tulang juga akan lebih cepat menutup.

Jadi, bila seorang remaja mengalami pubertas dini, awalnya pertumbuhan badannya akan lebih tinggi, tetapi karena tulang menutup lebih cepat maka menyebabkan tubuhnya lebih pendek dari teman lainnya yang mengalami pubertas normal.

Di samping itu, bila terlalu cepat mengalami pubertas maka hormonnya akan tinggi dan itu akan menjadikan anak 'dewasa lebih cepat', padahal mentalnya belum siap menjadi dewasa.

Pada akhirnya, anak tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Hal yang ditakutkan yaitu bila ia menyenangi lawan jenis yang dapat menimbulkan peristiwa yang tidak diharapkan akibat dorongan hormonalnya tersebut.

"Anak yang pubertas dini akan menjadi salah tingkah, tidak bisa menempatkan diri, dandanan menjadi dewasa, mudah cemas, peragu dan menjadi tidak percaya diri. Ini karena mereka belum siap dan ketika terjadi pubertas dini mereka tidak menyadarinya," jelas dra Louise Maspaitella M.Psi, Psikolog Klinis Keluarga dari RSAB Harapan Kita.

Tidak hanya secara psikologis dan pertumbuhan badan, dr Aditya juga mengatakan bahwa pubertas dini dapat meningkatkan risiko kanker dan tumor di kemudian hari.

"Pubertas dini artinya hormonnya akan semakin cepat. Ini bisa mempengaruhi struktur tubuh dan meningkatkan risiko tumor. Pada perempuan misalnya bisa memicu kanker payudara. Pada laki-laki juga bisa meningkatkan risiko tumor testis dan tumor prostat," tutur dr Aditya yang mendalami masalah hormon pertumbuhan.

Pubertas dini meningkatkan risiko kanker dan tumor karena tingkat hormon estrogen, progesteron (pada perempuan) dan testosteron (pada laki-laki) dapat memicu beberapa tumor yang bisa menjadi ganas.

Bagaimana mengatasinya?

Sebelum mengobati atau menghentikan pubertas dini, harus ditentukan terlebih dahulu penyebabnya.

Pubertas prekoks atau pubertas dini berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi dua, yaitu pubertas prekoks sentral dan perifer.

Pada pubertas prekoks sentral maka akan melibatkan semua hormon di otak. Sementara itu, pada pubertas prekoks perifer, keterlibatan hanya di tempat tertentu, biasanya karena tumor.

Dalam bukunya, dr Aditya menjelaskan, bila penyebabnya sentral maka diberikan hormon antagonis yang bertujuan untuk menghambat pubertas. Tetapi, bila penyebabnya perifer maka tumornya harus diangkat atau diobati apa yang menjadi penyebabnya.






Sumber copy paste ftrom : Detik Healt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar